KPU Rancang 4 Desain Dapil di Toraja Utara Untuk Pemilu 2019 - Warta 24 Sulawesi Selatan
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

KPU Rancang 4 Desain Dapil di Toraja Utara Untuk Pemilu 2019

KPU Rancang 4 Desain Dapil di Toraja Utara Untuk Pemilu 2019

Penyusunan empat desain daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2019. KPU Toraja Utara.Online24, Toraja Utara, Rantepao â€" Komisi Pemilihan Umum Toraja Utara telah m…

KPU Rancang 4 Desain Dapil di Toraja Utara Untuk Pemilu 2019

Penyusunan empat desain daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2019. KPU Toraja Utara.
Penyusunan empat desain daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2019. KPU Toraja Utara.

Online24, Toraja Utara, Rantepao â€" Komisi Pemilihan Umum Toraja Utara telah menyusun empat desain daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2019. Acuan yang digunakan untuk penetapan Dapil tersebut adalah jumlah penduduk di Toraja Utara semester 1 tahun 2017, yakni sebanyak 239.558 jiwa.

Sesuai ketentuan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pasal 191 ayat 2 huruf F, jumlah penduduk Kabupaten/Kota antara 200.000 hingga 300.000, maka jumlah kursi DPRD sebanyak 30 Kursi.

” Berdasarkan UU Pemilu jumlah kursi untuk Dewan Per wakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toraja Utara untuk Pemilu 2019 yang akan datang, mengalami pengurangan kursi dari 35 kursi menjadi 30 kursi,” kata Ketua KPU Torut seusai kegiatan Sosialisasi Rancangan Dapil Anggota DPRD Torut pada Pemilu 2019 , Jumat (29/12/2017) di Aula Toraja Heritage Hotel.

Oleh karena itu, lanjut Mery, KPUD Toraja Utara dalam pertemuan kedua ini menyampaikan 4 rancangan Daerah Pemilihan dengan Alokasi Kursi.

Ketua KPU Mery Parura menjelaskan, proses penetapan dapil tersebut telah melibatkan banyak elemen. Mulai dari akademisi, pemerintah daerah, pimpinan DPRD, serta Panwaslu Toraja Utara.

“KPU Kabupaten/ kota hanya mengajukan desain penataan Dapil saja. Yang menentukan Dapil mana yang digunakan itu kewenangan KPU RI. Kami sudah tuangkan empat desain dapil itu dalam sebuah surat Keputusan,” ujar Mery

Lebih lanjut, Merry Parura salah satu acuan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Toraja Utara membuat rancangan itu berdasarkan 7 Prinsip yang ada dalam aturan.

” Yang jelas secara keseluruhan desain baik, masih memenuhi prinsip proporsionalitas alokasi kursi yang diatur UU Pemilu, yakni paling sedikit tiga, paling banyak 12, untuk setiap Dapil. Prinsipnya semua dapil mengalami pengurangan jumlah penduduk sehingga alokasi kursinya berkurang pula,” pungkasnya..(DJAYA)

Sumber: Google News | Warta 24 Toraja Utara

Tidak ada komentar