"Tahun 2018, Sulsel Harus Masuk Kategori Provinsi KIP Terbaik" - Warta 24 Sulawesi Selatan
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

"Tahun 2018, Sulsel Harus Masuk Kategori Provinsi KIP Terbaik"

"Tahun 2018, Sulsel Harus Masuk Kategori Provinsi KIP Terbaik"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Ketua (Waka) Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana Sunarkha menegaskan pentingnya keterbukaan informasi dalam sebuah tata…

"Tahun 2018, Sulsel Harus Masuk Kategori Provinsi KIP Terbaik"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Ketua (Waka) Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana Sunarkha menegaskan pentingnya keterbukaan informasi dalam sebuah tata kelola pemerintahan.

"Setiap masyarakat berhak mengetahui informasi yang memang sifatnya transparansi," katanya, saat malam penganugerahan pemeringkatan kabupaten keterbukaan informasi publik tahun 2017, Jumat (29/12/2017).

Ia menambahkan, dengan adanya pemeringkatan kabupaten/provinsi dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) setiap daerah diharapkan mampu menerapkan aturan-aturan yang telah UU Nomor 14 Tahun 2008 terkait keterbukaan informasi.

Disela-sela acara, Gede Naraya kemudian mengatakan bahwa Tahun 2018, wilayah Sulawesi Selatan harus masuk dalam kate gori pemeringkatan provinsi dengan keterbukaan informasi publik (KIP).

"Tentu ada indikator-indikatornya, kedepannya Sulsel harus bisa masuk dalam pemeringkatan provinsi dengan KIP," tambahnya.

Ia pun mengungkapkan, di tahun 2017, Kalimantan Barat meraih peringkat I, dengan nilai 94,63 yang sebelumnya selama dua tahun berturut-turut meraih peringkat ketujuh.

Peringkat kedua diduduki oleh Provinsi Jawa Tengah, peringkat ketiga Aceh, peringkat keempat DKI Jakarta, peringkat kelima Jawa Barat, peringkat keenam Nusa Tenggara Barat, peringkat ketujuh Sumatera Selatan, peringkat kedepalan Kalimantan Timur, peringkat kesembilan Daerah Istimewa Yogyakarta dan di peringkat kesepuluh, Sumatera Barat.

Sementara, untuk diwilayah Provinsi Sulsel, Kabupaten Luwu Utara (Lutra) berhasil meraih peringkat pertama, pada pemeringkatan keterbukaan informasi publik tahun 2017 di Sulawesi Selatan. Dalam hal ini, Kabupaten Lutra memenuhi kualifikasi menuju informatif dengan nilai 83,238.

Peringkat kedua diraih oleh Kabupaten Sinjai, yang memperoleh nilai 75,675, dengan Kualifikasi menuju informatif.

Sementara Kota Makassar, berhasil meraih peringkat 3 dengan kualifikasi cukup informatif. Peringkat keempat adalah Kota Parepare dan peringkat kelima adalah Kabupaten Barru.

Sumber: Google News | Warta 24 Luwu Utara

Tidak ada komentar