www.AlvinAdam.com


Warta 24 Sulawesi Selatan

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Enam Situs Purbakala Maros Ditetapkan sebagai Cagar Budaya

Posted by On 19.27

Enam Situs Purbakala Maros Ditetapkan sebagai Cagar Budaya

Enam Situs Purbakala Maros Ditetapkan sebagai Cagar Budaya

Pemkab Maros telah memiliki dasar hukum untuk mengelola, melestarikan, pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya.

Enam Situs Purbakala Maros Ditetapkan sebagai Cagar BudayaTRIBUN TIMUR/NURUL ADHA ISLAMIAHSekelompok Mahasiswa Makassar Tengah Hunting Di Leang-Leang Maros.

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Situs Leang Timpuseng, Leang Samongken, Leang Jarie, Bulu Sipong, Leang Pettae dan Pettakere, ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros, Rabu (10/1/2018).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Maros, Rahmat Burhanuddin mengatak an, enam tempat tersebut ditetapkan, setelah Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) Maros, melakukan pengkajian kelayakan.

"Penetapan situs menjadi cagar budaya berdasarkan SK Bupati Maros. Hal ini juga sudah berdasarkan perintah Undang-undang, nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya," katanya.

Setelah penetapan tersebut, Pemkab Maros telah memiliki dasar hukum untuk mengelola, melestarikan, pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya.

Menurut Kadis, lokasi di Maros diusulkan masuk ke sutus budaya peringkat nasional yaitu Leang Timpuseng. Alasannya, di leang tersebut, terdapat lukisan babi rusa yang dibuat sekitar 35.400 tahun silam.

"Di antara enam situs itu, Leang Timpuseng kami usulkan ke peringkat nasional. Hanya di Timpuseng, memiliki lukisan babi rusa yang dibuat dengan usia minimum 35.400 tahun silam," katanya.

Rahmat mengklaim, berdasarkan penelitian TACB, lukisan di leang Timpuseng merupakan peninggalan manusia tertua di dunia. (*)

Penulis: Ansar Editor: Anita Kusuma Wardana Ikuti kami di Debat Soal Hijab, Seorang Wanita Indonesia Ditampar Pria Malaysia di Halte Bus Sumber: Google News | Warta 24 Maros

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »