Pilkada Serentak 2018: Hanya 'Spartan' yang bisa Bertahan - Warta 24 Sulawesi Selatan
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Pilkada Serentak 2018: Hanya 'Spartan' yang bisa Bertahan

Pilkada Serentak 2018: Hanya 'Spartan' yang bisa Bertahan

Pilkada Serentak 2018: Hanya 'Spartan' yang bisa Bertahan …

Pilkada Serentak 2018: Hanya 'Spartan' yang bisa Bertahan

Pilkada Serentak 2018: Hanya 'Spartan' yang bisa Bertahan Submitted by Nurkholis Lamaau on 6 January 2018 pilkada serentak
Ilustrasi (KABAR.NEWS/Wahyu Ade Saputra)


KABAR.NEWS, Makassar - Tensi Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Sulawesi Selatan semakin tinggi, jelang pendaftaran kandidat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mulai dibuka pada 8 sampai 10 Januari 2018.


Beralihnya usungan Partai Gerindra ke Agus Arifin Nu’mang - Tanribali Lamo (Agus-TBL) dari Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Sulaiman menjadi salah satu indikasi bahwa dinamika politik di Sulsel begitu dinamis.


Akademisi Universitas Muhammadiyah Makassar, Andi Luhur Prianto memprediksi, kontestasi Pilkada Serentak 2018 di Sulsel akan diwarnai drama hingga menit - menit akhir pendaftaran kandidat ke KPU.


"Hanya yang tangguh dan spartan yang bisa bertahan hingga pendaftaran KPU. Sepertinya masih terjadi drama - drama hingga last minute pendaftaran," kata Andi Luhur Prianto, Kamis kemarin.


Drama tersebut menurut Luhur, layaknya sebuah dramaturgi, yang mana drama di "panggung depan" berbeda dengan drama politik yang terjadi di panggung belakang. "Kadang hanya menjadi pseudo-realitas, yang bisa jadi sangat berbeda dengan realitas politik di panggung belakang," katanya secara teoritik.


Ia berpendapat, di panggung belakang elit politik nasional bisa d engan mudah mengaransemen arah dukungan, yang kadang tidak sesuai dengan arus politik di level lokal. Dan itu , kata Luhur, bisa terjadi hingga menit akhir pendaftaran.


"Menit-menit terakhir menjadi sangat kritikal. Berkaca dari pengalaman Partai Nasdem di Pilkada Takalar 2015, sikapnya di last minute pendaftaran justru merubah hasil akhir, yang jauh dari perkiraan banyak pihak," tandasnya.

  • Arya Wicaksana
Sumber: Google News | Warta 24 Takalar

Tidak ada komentar