Tomat Super Indigo Rose Ini Mulai Dikembangkan di Toraja - Warta 24 Sulawesi Selatan
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Tomat Super Indigo Rose Ini Mulai Dikembangkan di Toraja

Tomat Super Indigo Rose Ini Mulai Dikembangkan di Toraja

KAREBATORAJA.COM, SOPAI â€" Warnanya ungu ketika sudah matang. Rasanya enak, tidak asam seperti tomat kebanyakan. Dan yang paling istimewah, tomat jenis ini mengandung …

Tomat Super Indigo Rose Ini Mulai Dikembangkan di Toraja

KAREBATORAJA.COM, SOPAI â€" Warnanya ungu ketika sudah matang. Rasanya enak, tidak asam seperti tomat kebanyakan. Dan yang paling istimewah, tomat jenis ini mengandung anthocyanin; antioksidan yang bagus bagi tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, serta mencegah kanker dan diabetes. Nama tomat ini Indigo Rose, tomat super.

Tomat Indigo Rose ini kini tengah dikembangkan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sopai, kabupaten Toraja Utara.

Kepala BPP Sopai, Muhammad Bahman, mengatakan setelah diujicoba, ternyata tomat Indigo Rose ini sangat cocok tumbuh di dataran tinggi seperti Toraja. Bisa juga tumbuh di dataran pertengahan.

“Kami sudah melakukan ujicoba. Bibitnya kita dapat dari teman di luar daerah. Ternyata, Indigo Rose ini bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang banyak dalam satu pohon,” ungkap Bahman.

Meski berhasil tumbuh dan menghasilkan buah, namun Bahman belum mau berjanji terlalu banyak kepada masyarakat. “Kita ujicoba di lahan yang lebih luas dulu, kalau sudah berhasil, baru kita upayakan bibitnya untuk masyarakat, termasuk cara membudidayakannya,” tutur mantan Kepala BPP Rindingallo ini.

Dia mengatakan, jika ditanam dengan sistem organik dan dikonsumsi secara rutin 3-4 buah per hari, kandungan antiosidannya bisa memperkuat daya tahan tubuh, serta mencegah kanker dan diabetes. “Intinya tomat ini bagus sekali. Saya yakin, kalau kita mampu membudidayakannya dengan baik, akan membawa manfaat kesehatan di samping manfaat ekonomi bagi masyarakat,” kata Bahman.

Kepala BPP Sopai, Muhammad Bahman berfoto bersama tomat Indigo Rose yang saat ini tengah dikembangkan BPP Sopai.

Saat ini, sudah ada beberapa pohon Indigo Rose yang dikembangkan BPP Sopai. Buah dari pohon-pohon yang ada ini, akan digunakan sebagai bibit untuk memperbanyak jumlah pohonnya. (Arthur/foto: dok BPP Sopai)

Baca Juga

Jalan Berdebu, Warga Makale Terancam ISPA500 Pejabat di Tana Toraja Gunakan Pakaian Adat Saat DilantikSoal Insiden Lemparan Batu di Tengah Aksi Unjuk Rasa di Kantor UKI Toraja, Mahasiswa Minta MaafKalatiku Sebut Pendamping PKH Adalah “Bupatinya” Orang MiskinSpread the love
    Sumber: Google News | Warta 24 Toraja Utara

    Tidak ada komentar