Begini Hasil Sidang Panwaslu Pinrang soal Sengketa Paslon ... - Warta 24 Sulawesi Selatan
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Begini Hasil Sidang Panwaslu Pinrang soal Sengketa Paslon ...

Begini Hasil Sidang Panwaslu Pinrang soal Sengketa Paslon ...

Suasana pendukung calon bupati Pinrang Hamka-Ahsan saat berunjukrasa di depan Kantor Panwaslu. --foto amiruddin/pijar-- PINRANG, PIJARNEWS.COM â€" Sidang musyawar…

Begini Hasil Sidang Panwaslu Pinrang soal Sengketa Paslon ...

Sengketa Pilkada
Suasana pendukung calon bupati Pinrang Hamka-Ahsan saat berunjukrasa di depan Kantor Panwaslu. --foto amiruddin/pijar--

PINRANG, PIJARNEWS.COM â€" Sidang musyawarah penyelesaian sengketa calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan di Kabupaten Pinrang diwarnai aksi unjukrasa. Unjukrasa dilakukan massa pendukung Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, Hamka Mahmud-Ahsan Wahid (Berkah) di kantor Panwaslu, Ahad (18/2).

Ratusan pendukung Berkah berorasi di depan Kantor Panwaslu Pinrang menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pinrang bekerja profesional dan transparan dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pilkada. Selain itu, mereka juga menuntut dilakukan verifikasi kembali atas kekuranga n data dukungan yang diduga terjadi kesalahan.

Sebelumnya, KPU Pinrang telah menetapkan tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil bupati. Sedangkan, satu paslon jalur perseorangan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) ikut dalam Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Kabupaten Pinrang.

Atas putusan itu, pendukung Berkah tidak menerima jika calon yang didukungnya tidak lolos dalam verifikasi KPU Pinrang. Pendukung dan simpatisan Berkah akhirnya meminta agar dilakukan verifikasi ulang atas kekurangan jumlah dukungan yang menyebabkan pasangan Berkah tidak lolos dalam Pilkada serentak.

Pendukung Berkah memprotes data dukungan tambahan yang berjumlah 1.509 tidak terverifikasi dengan baik oleh KPU Pinrang, sehingga pendukung Berkah tidak menerima atas putusan KPU yang menyatakan Paslon Berkah tidak lolos dalam jalur perseorangan. Panwaslu Pinrang kemudian menggelar sidang musyawarah penyelesaian sengketa calon bupati dan wakil bupati melalui jalur per seorangan untuk mendapatkan kesepakatan.

Permohonan gugatan yang diwakili oleh Kuasa Hukum Tim Berkah yakni Jalaluddin Akbar, SH mengajukan permohonan sengketa proses gugatan di Panwaslu Pinrang dan KPU Pinrang sebagai tergugat.

Baca juga:Hary Tanoesoedibjo: Semua Potensi Kita Kerahkan Menangkan IYL-Cakka

Ketua Panwaslu Pinrang, Ruslan mengemukakan, kuasa hukum tim Berkah menggugat adanya angka dukungan perbaikan sebanyak 1.509 yang tidak dituangkan ke dalam berita acara BA4 KWK, sehingga tim Hamka-Wahid mencari data tersebut. “Sementara dalam persidangan KPU Pinrang dapat memberikan informasi dan data bahwa 1.509 ada datanya dan memang tidak dituangkan dalam berita acara B4 KWK sebab berita acara tersebut memang tidak ada format bakunya terhadap kolom Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jadi tidak dituangkan dalam berita acara,” ungkap Ruslan.

Ruslan menambahkan, dari hasil sidang yang dilakukan Panwaslu Pinrang telah disepakati kedua belah pihak akan dilakukan ver ifikasi kembali untuk memastikan data yang dipermasalahkan oleh tim Berkah. “Yang jelas dari hasil sidang tadi, kedua belah pihak menyepakati KPU dalam hal ini termohon siap melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual hingga tingkat PPS,” ujar Ruslan.

Pantuan Pijar menyebutkan, suasana di luar sidang sempat terjadi ketegangan saat massa pendukung Hamka-Ahsan terlalu lama menunggu kepastian hasil keputusan sidang musyawarah. Pengunjukrasa juga meluapkan kekecewaanya kepada KPU Pinrang atas kinerja yang diduga tidak transparan dengan membakar ban bekas. Mereka sesekali juga memaksa masuk ke kantor Panwaslu Pinrang, namun mereka dihalau pagar berduri yang dipasang anggota Brimob Detasmen B Parepare. Pengamanan ini dibantu anggota TNI dan Anggota Polres Pinrang yang bersenjata lengkap. (amr/alf)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Sumber: Google News | Warta 24 Pinrang

Tidak ada komentar