www.AlvinAdam.com


Warta 24 Sulawesi Selatan

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Lutfhi Andi Mutty Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Kepada Warga ...

Posted by On 17.35

Lutfhi Andi Mutty Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Kepada Warga ...

SULSELSATU.com, PALOPO â€" Anggota Komisi II DPR RI, Lufhi A. Mutty didampingi Plt. Sekretaris Daerah Kota Palopo Jamaluddin Nuhung dan Kepala Badan Pertanahan Kota Palopo, Muh. Amin menyerahkan secara simbolis Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi warga Keluruhan Binturu di Kantor Lurah Binturu Kecamatan Wara Selatan, Senin (26/2/2018).

Sedikitnya 102 bidang Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dulu disebut Program Nasional Agraria (Prona) diserahkan kepada 102 warga Kelurahan Binturu.

Kepala Badan Pertanahan Kota Palopo, Muhammad Alim mengatakan, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 tahun 2018 memerintahk an kita untuk sukseskan program ini (PTSL).

“Dimana target Presiden RI, Joko Widodo pada Tahun 2025 seluruh lahan di Indonesia sudah di sertifikatkan,” kata Muh. Alim.

Sementara itu, Luthfi A. Mutty mengatakan, program tersebut (PTSL) ada setidaknya mempunyai empat tujuan yakni pertama adalah untuk menjalankan perintah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Pokok-Pokok Agraria.

Ada banyak permasalahan sengketa pertanahan di masyarakat di mana tanah tidak pernah bertambah tetapi jumlah manusia selalu bertambah terus.

“Karenanya untuk mengurangi konflik (pertanahan) dibuatkan program ini (PTSL),” kata anggota DPR RI Dapil Luwu Raya tersebut.

Dengan program ini pula, Luthfi berharap akan mengurangi kesenjangan antara yang kaya dengan yang miskin. Sertifikat itu dibagi-bagi supaya kurangi kemiskinan.

“Caranya bagaimana? Jangan taruh (sertifikat) di rumah saja. Masukkan bank, jadikan jaminan modal untuk berusaha,” kata nya.

“Tugas pemerintah di sini buka akses bagi rakyat untuk berurusan dengan bank, berikan kemudahan, misalnya dengan memberikan kredit usaha rakyat dengan bunga setengah atau yang disubsidi,” tambah Luthfi.

Penulis: Herianto
Editor: Awang Darmawan

Sumber: Google News | Warta 24 Palopo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »