WARTA 24 SULAWESI SELATAN

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Jelang Pilkada dan Pilgub, Discapil Hapus 60 Ribu Data KTP di Sinjai

Posted by On 22.07

Jelang Pilkada dan Pilgub, Discapil Hapus 60 Ribu Data KTP di Sinjai

Jelang Pilkada dan Pilgub, Discapil Hapus 60 Ribu Data KTP di Sinjai

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sinjai menghapus 60 ribu data penduduk di Sinjai.

Jelang Pilkada dan Pilgub, Discapil Hapus 60 Ribu Data KTP di SinjaiHandoverPelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sinjai

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI-- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sinjai menghapus 60 ribu data penduduk di Sinjai.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Akmal menjelaskan penghapusan itu setelah dilakukan verifikasi langsung. Ada beberapa alasan penghapusan ini.

Seperti, data kependudukan g anda, meninggal dunia dan penduduk yang tidak berdomisili lagi di Sinjai.

"Ada 60 ribu jiwa data penduduk di Sinjai sudah dihapus dan KTP yang dinyatakan ganda sudah dimusnahkan. Ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan data dan KTP jelang Pilkada," kata Akmal, saat ditemui kantornya, Selasa (5/12/2017).
Lebih lanjut, Akmal menjelaskan temuan ini juga sudah dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta dan penyampaikan ke pihak KPU Sinjai.

Penghapusan data dan pemusnahan kartu tanda penduduk ini dimulai sejak tahun 2015 lalu sampai November 2017 lalu.

Sedang cara mengklarifikasinya yakni petugas Disdukcapil mendatangi alamat yang dimaksudkan berdasarkan data yang dimuat dalam identitas tersebut.

Sedang jumlah penduduk di Kabupaten Sinjai yang wajib memiliki KTP elektronik sebanyak 170.941 jiwa.

Sedangkan yang sudah memiliki E KTP berjumlah 167.389 jiwa dari jumlah penduduk keseluruhan Sinjai 251.685 jiwa. Laki-laki 124 .436 jiwa dan perempuan 127.249 orang.

Akmal menyampaikan bahwa yang belum merekam KTP elektronik saat ini masih ada 3.592 jiwa dan yang belum rekam tersebut umumnya pelajar SMA sederajat di Sinjai.

Sementara Komisioner KPU Sinjai Hikmawati menyampaikan bahwa hanya warga yang miliki e-KTP dan yang memiliki surat pengantar yang bisa memilih baik Pilkada maupun Pilbub Tahun 2018 mendatang. (*)

Penulis: Samsul Bahri Editor: Ardy Muchlis Ikuti kami di Dituding Siarkan Langsung Pornografi Anak di Facebook, TKW Ini Alami Nasib Apes Sumber: Google News | Warta 24 Sinjai

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »